Jurus Muter

Kalau belajar bahasa inggris itu apa dulu sih yang sebaiknya dipelajari ya? Grammar kah? atau Tenses? Atau sebaiknya dengerin lagu dan coba mengerti? Atau lebih baik banyak membaca? Atau sebaiknya fokus pada Conversation (bercakap-cakap) atau Vocabulary dulu?

Saya sering memperhatikan member BBIS bertanya seperti itu. Menurut saya sih mulai dari mana saja bisa!, Anda mulai dari mana saja boleh dan semuanya bagus. Yang paling penting sebenarnya adalah: MULAI (jangan hanya bertanya) dan TERUS (jangan berhenti, atau kadang-kadang ya kadang tidak).

Kalau Anda inging CEPAT SEKALI (cepat banget) lancar dalam bahasa inggris maka coba terapkan jurus ini: Jurus-Muter. Muter adalah singkatan dari MUlai dan TERus.

Berikut cara menerapkan Jurus MUTER

Mulai

Mulai itu apa? Jawabnya: Begin atau Start.

Teruslah katakan BEGIN atau START ya, jangan lagi katakan “mulai”.
Itulah yang saya maksud jurus “TERUS” 🙂

Saya mau belajar!. Katakan bahasa inggris dong. Salah-salah mah biarin aja dulu, campur bahasa Indonesia juga boleh: “I want to learn”.

Setiap Anda ingin belajar, katakanlah “I want to learn”. Kalo lagi ditempat rame dan Anda ngga ingin terkesan ngomong sendiri maka katakanlah dalam hati saja. Dan terus seperti itu.

Saya perlu Kamus!. I perlu Kamus.

Yang bisa kan baru “I” nya, perlu dan kamus belum tau nih bahasa inggrisnya.

Kejar terus dong, cari kamusnya, beli dulu kalau perlu, buka dan ganti “perlu” dan “kamus” tersebut pake bahasa inggris. Ketemunya kan begini: I NEED DICTIONARY.

Kalo sudah mulai bisa bilang: I need dictionary, maka terus katakan seperti tu, jangan lagi katankan saya perlu kamus, katakan: I need dictionary.

Apa sih bahasa inggrisnya: Saya Mau Beli Kamus.

Bereskan semua kalimat itu dulu. “Apa sih bahasa inggrisnya?”, ini apa bahasa inggrisnya? Jawabnya: “What is this in English?“. Hafalkan ya, setiap kali mau nanya “apa sih bahasa inggrisnya…?” mulai gunakan ini: “what is this in english?…”.

Ganti pertanyaanya gini:

What is this in english: “saya mau beli kamus”?

KUNCI-nya:

Learning Grammar, Tenses etc itu spt belajar RUMUS ya. Ngapain coba kita belajar rumus kalo tidak akan kita terapkan dalam perhitungan (praktek). Pastilah akan sangat membosankan, bahkan ngga faham-faham. That is why when you learn grammar you need to practice that in writing and speaking, and understand that grammar in form of reading and listening. It is impossible to learn each of them separately. Right?

Karena itu kita harus mulai SEKARANG. Yang penting “berani” dulu, salah-salah biarain, lama-lama pasti lancar kok. Dijamin. Ya, memang tak cukup belajar bahasa inggris di BBIS saja, karena itu ada sekolah, ada tempat kursus, ada kamus, ada KAMPUS, ada ebook, ada kaset, ada lagu, dsb. Ya kan?

PERLU KAMUS?

Pasti Dong!. Pastikan anda punya kamus Bahasa Inggris TERLENGKAP yang ada di bumi ini!! hehe.. Untuk pemula bagus yang Indonesia-Inggris. Sebaiknya yang juga ada Inggris-Indonesia-nya ya.

Kalau Anda ngga punya kamus, jangan harap deh bisa terapkan jurus MUTER ini ya.
Pinjem?? Ngga cukup la ya 🙂

What is this in english? Saya mau beli kamus. The answer is: I ingin beli dictionary.

Ingin beli” kan belum bisa bahasa inggrisnya, makanya ambil kamus sekarang!

What is this in english “Ingin Beli”? Yes, WANT BUY.

Yes: I WANT BUY dictionary 🙂

Masih salah tuhh, biarin laa.. Hajar blehh!!!

Coba ulang-ulang ya. Try repeat! Salah biarin, Wrong no problem.

Masih salah ya? What is this in english? Buka kamus dong (OPEN DICTIONARY)…

Oh Wrong ya? Yes!. Still wrong 🙂

The right one is this: I want TO buy dictionary.

Loh kok pake TO? what is this in english? : Why USE “to” ?

Nantilah yang itu, itu kan sudah level tinggi.. Pakai saja itu dulu.

Oooo… saya faham sekarang. What is this in english?
Oooo… I understand now.

How To Say…? = Bagaimana mengatakan …. ?

Kalau Anda ingin bertanya “Bagaimana mengatakan ….? Cobalah mulai pakai bahasa inggris bagian itunya.

Coba tanya di BBIS ya: “How to say: Loh Kok Pake TO?”

Setidaknya yang Anda sudah bisa maka MULAI anda gunakan dan TERUS gunakan. Coba tanyakah hal tersebut di BBIS, lewat sini.

Saya ingin mengatakan apa yang saya sudah bisa pake bahasa inggris
I want to say what I can say always in english.

Kalo saya belum bisa (If I can not yet), maka akan saya campur bahasa indonesia (then I will mix my words with indonesian).

Kalo saya lagi ditengah keramaian (If I am in the crowd) dan saya tak ingin orang lain mengatakan saya gila karena ngomong sendiri (and I dont want people to say I am crazy speaking alone), maka saya akan katakan dalam hati saja (then I will say that in my heart).

Tentu saja bahasa inggris yang dalam kurung itu belum semuanya tepat ya (of course those english phrases in bracket is not 100 percent right), yang penting anda memulai (the most important is that you BEGIN) dan Anda terus melakukannya (and you GO ON doing that).

What is “TERUS” in english? GO ON!.

Loh kok begitu? Bukannya Go ON = pergi ke atas?

What is Loh Kok Begitu in English? = Why Like That?

What is this in english? Mulai dan Terus. That is: Begin and Go on!.

Saya mau belajar sekarang. I want to learn now
Saya perlu kamus. I need Dictionary
Saya perlu teman. I need Friend

Saya mau beli kamus, tapi saya ngga punya uang. Apa bahasa inggrisnya? eh.. what is that in english? I want to buy dictionary, but I have no money. Ah masa sihh?

“Ah masa sih?” How to say this in english “Ah masa sih?” Tanya di BBIS dong! Ah I dont think so, YOU HAVE MONEY! I dont believe you dont have money. What is this in Indonesian??

Apa sih ini “…” bahasa Indonesianya?
What is this “…” in Indonesian?

Di BBIS kalau anda ingin bertanya ini:
Apa sih ini “I dont believe you dont have money” bahasa Indonesianya?

Mulailah tanyakan begini:
What is this “I dont believe you dont have money” in Indonesian?

Dan teruskan begitu…

“Mulailah tanyakan begini”, apa sih bahasa inggrisnya?
“Dan teruskan begitu…”, apa sih bahasa inggrisnya?
“Loh kok ngga mulai..?”, what is this in english?

“Lha tadi kan untuk menanyakan APA BAHASA INGGRIS-nya sudah bisa?”.
Kok ngga dipake?

Tadi saya ke toko buku (Tadi I go to bookstore, ini salah ya) untuk cari kamus (to look for dictionary). Ada sih kamusnya (There are many dictionaries there). Tapi saya ngga beli (but I did not buy). haha… Ngga punya modal ya? I dont believe you! saya ngga percaya. Beli yang kecil dulu laa, buy small dictionary dulu laaa.. yang 20-ribuan ada kan?

Ajarin saya bahasa inggris dong. Teach Me English please dong.
Dong ngga ada bahasa inggrisnya. No “DONG” in english.

Bagaimana cara cepat belajar bahasa inggris?. How to Learn English Quickly?
Gunakan jurus ini: MUTER. Use this Method: Begin and Go On.

Mulai dong, dan terus kejar. Cari temen, beli kamus dan praktekin jurus ini setiap menit. Maka dalam waktu sebulan bahasa Inggris Anda akan segera lancar mengalir bagaikan air, walapun masih salah-salah. Bulan depannya diperhalus, terus menerus, bulan depannya lagi bahasa inggris Anda lebih hebat dari bahasa inggrisnya orang bule yang bukan asli inggris atau amerika, hehe..

Kayaknya jurus ini bisa deh. What is that in english?
I think this method is good.

Ya, memang keren lah, dijamin CEPAT
It is TRUE, It is really a Fast Method in Learning English.

Jangan hanya TAU saja,
Do not just KNOW

Praktekin dong!
Do it Now!

Ya sih, tapi kan saya perlu kamus
I see, but I need Dictionary.
Lah iyaa laaaaaaa..

Tapi kan kamus saja ngga cukup, mesti dipraktekin.
Pastilah itu, Kalu hanya dengan kamus saja sudah pinter maka saya berani beli 1000 kamus kok, hehe..

But Dictionary is not enough, English need practicing.
Certainly, Of course, You are right, No Doubt, It is TRUE. If buying 1000 Dictionary is enough I will do that.

Lalu gimana cara praktekinnya?
Itulah mengapa saya buat ini: BBIS.
Agar Anda bisa praktek.

Mulailah Jurus MUTER ini. Mulailah sekarang dan Terus Kejar, untuk apapun yang ingin anda katakan. Gunakan jurus CEREWET di BBIS.

Sebarkan cara ini, ceritkan pada orang-orang dekat Anda. Sebab jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang juga pandai bahasa inggris maka bahasa inggris Anda akan sangat cepat MAJU. Saya ngga bilang BAGUS dulu ya, sebab kalo bahasa Inggris yang bagus kan ngga cukup begini caranya. Tetaplah Anda perlu belajar Grammar, Tenses, dan sebagainya.

Siapa bilang ngga perlu belajar grammar?
Biasanya orang yang sudah bisa grammar! jangan tertipu ya.

Ngga mungkin dia ngga belajar??.
Mungkin dia malah sudah pake jurus MUTER terlebih dahulu, hehe..

Learning Grammar, Tenses etc itu spt belajar RUMUS ya. Ngapain coba kita belajar rumus kalo tidak akan kita terapkan dalam perhitungan (praktek). Pastilah akan sangat membosankan, bahkan ngga faham-faham. That is why when you learn grammar you need to practice that in writing and speaking, and understand that grammar in form of reading and listening. It is impossible to learn each of them separately. Right?

Bagaimana mungkin Anda akan ENAK prakteknya kalau Vocabulary (perbendaharaan kata Anda) masih sangat terbatas? Dan Vocal itu tak akan maju-maju atau akan lambat sekali nambah jika Anda menggunakan cara biasa!!

Beda Cara Beda Hasil!!!

Agar vocabulary Anda berlimpah ruah maka jurusnya hanya satu: JURUS MUTER!!!

Mulai dan Terus

Mulainya kapan? Mestinya sih dari dulu. Dan ngga terlambat untuk mulai sekarang. Coba apa itu bahasa inggrisnya? Tanyakan di: BBIS ya.

Jangan lupa: Undang Teman

Semoga Anda menikmati cara belajar santai di BBIS dan Anda semakin banyak teman di group tersebut ya.

Jadi apa yang penting? dan apa yang perlu duluan?
Semua penting, duluan mana saja boleh.
Yang paling penting: MU – TER (mulai dan terus).

Terimaksih,

Best Regards
Mufli
BBIS Admin

Anda pengen apa lagi? Belajar Tenses Lengkap